Minggu, 05 September 2010

Belajar meteorologi For Children (The Sun)

Gienz Media®
Matahari merupakan reaktor nuklir terbesar dan juga merupakan sumber energi terbesar bagi bumi kita. Tanpa adanya matahari maka tidak mungkin ada kehidupan. Matahari juga merupakan factor uatama penyebab adanya cuaca. Energi panas yang dipancarkan dari matahari akan menghangatkan bumi dan membuat uadara yang hangat ini bergerak.

Pergerakan udara ini diakibatkan karena tidak meratanya energi yang diterima oleh permukaan bumi sehingga terjadi perbedaan suhu dipermukaan bumi. Udara akan bergerak dari daerah yang memiliki suhu rendah ke daerah yang bersuhu tinggi. Pergerakan ini sanggat membantu untuk menyamakan suhu di sekuruh permukaan bumi sehingga tidak ada daerah yang memiliki suhu yang sangat panas dan sangat dingin. Jika udara tidak bergerak maka daerah khatulistiwa akan sangat panas dan daerah kutub akan sangat dingin.

Lalu mengapa daerah katulistiwa lebih panas dari daerah kutub?

Hal ini diakibatkan karena sinar matahari yang menuju daerah katulistiwa tegak lurus sehingga nilai yang terpendar atau terefleksi kecil dibandingkan daerah ketub yang mana arah datangnya sinar matahari membentuk sudut.

Mengapa pada malam hari suhu bumi tidak menurun dengan drastic?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bumi kita ini memiliki selubung atmosfer yang berlapis-lapis. Kegunaan dari selubung ini selain untuk menyaring sinar matahari yang datang , selubung ini juga berfungsi untuk menjaga bumi lita tetap hangat yaitu dengan menahan atau memantulkan kembali pantulan radiasi dari permukaan bumi atau sering kita sebut dengan efek rumah kaca.

Apa itu temperature?

Temperatur digunakan untuk menyatakan bahwa suatu benda panas atau dingin dibandingkan benda yang lain. Biasanya digunakan satuan derajat untuk menyatakan suhu suatu benda, alat yang digunakan adalah thermometer. Untuk mengukur suhu udara disarankan untuk menempatkan thermometer pada jarak 1.5 m dari permukaan hal ini untuk menghindari radiasi dari permukaan tanah yang menyebabkan suhunya bertambah

0 komentar :

Posting Komentar

Sampaikan masukan, pujian, dan rasa terimakasih disini....

Klik Iklan dapat uang (Terbukti)