Senin, 06 September 2010

Belajar meteorologi For Childerv (air Pressure)

Gienz Media®
Mungkin anda pernah merasakan ketika take off dari pesawat atau pada saat mendaki gunung telingga anda merasakan sesuatu yang tidak enak. Hal ini terjadi karena gendang telinga anda merasakan perubahan tekanan udara.

Apa itu tekanan udara?

Tekanan udara adalah massa seluruh udara dari permukaan bumi sampai lapisan atas atmosfer. Tekanan udara dapat berubah jika ketinggiannya berubah ataupun suhu udara berubah (menjadi panas atau dingin)

Semakin tinggi suatu tempat maka semakin kecil tekanan udaranya, berlaku juga sebaliknya. Hal ini disebabkan atmosfer dilapisan atas lebih renggang daripada di lapisan bawah. Tekanan udara akan menurun setiap ketinggiannya bertmbah 100m.

Jika suhunya menjadi dingin maka tekanan udaranya akan naik dan jika suhunya naik maka tekanan udaranya akan turun. Hal ini sesuai dengan sifat udara apabila dipanaskan akan memuai dan didinginkan akan menyusut. Apabila udara memuai maka jarak partikel diudara akan semakin renggang dan massanya pun akan turun, demikian juga sebaliknya.

Tekanan udara diukur berdasarkan tekanan gaya pada permukaan dengan luas tertentu. Tekanan udara normal adalah tekanan kolom udara setinngi lapisan atmosfer bumi pada garis lintang 45º dan suhu 0 ºC dan besaranya dinyatakan dalam atm. Tekanan 1atm setara dengan tekanan yang diberikan oleh kolom air raksa setinngi 760mm. jika dikonversi ke besaran yang lain:
1atm = 760nnHg = 14.7 psi = 1013mb
Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara adalah barometer.

0 komentar :

Posting Komentar

Sampaikan masukan, pujian, dan rasa terimakasih disini....

Klik Iklan dapat uang (Terbukti)